Apa itu TDS dalam air?


Simpelnya, TDS adalah singkatan dalam bahasa Inggris dari Total Dissolved Solid. Dalam Bahasa Indonesia, Total Dissolved Solid diartikan sebagai satuan banyaknya zat padat yang terlarut dalam air.


Bener banget! Kebanyakan air yang kita minum terdapat zat padat yang terlarut di dalamnya dengan kadar yang berbeda-beda. Zat padat ini bisa berupa senyawa organik maupun non-organik yang larut seiring dengan proses pemurnian air, baik pemurnian secara alami maupun pemurnian buatan. Memang kalau kita melihat secara kasat mata, dalam air yang kita minum, sepertinya gak ada apa-apanya. Tapi ternyata di dalamnya terkandung zat padat yang terlarut. Mereka gak kelihatan karena ukurannya dibawah 1 nanometer.



Terus kalau minum air kebanyakan zat padat yang terlarut, bahaya gak tuh?


Sebelum sampai ke sana, Ane jelasin dulu nih beberapa zat yang mungkin banget terlarut dalam air. Contohnya ada klorida, sulfat, magnesium, natrium (garam), kalsium, kalium, karbonat, nitrat, bikarbonat, dan lainnya.



Beberapa zat yang ane sebutkan di atas tentu kurang bagus kalau kebanyakan diserap oleh tubuh walaupun sebagian lainnya bisa dibilang bagus buat tubuh kita. Masalahnya adalah, ketika zat tersebut sudah larut dalam air dan berukuran dibawah 1 nanometer, mereka semua dihitung sebagai zat padat yang larut dalam air dan tidak dilihat apakah unsur itu bagus atau tidak kalau kebanyakan diserap oleh tubuh. Hal itu yang menyebabkan, air yang layak untuk diminum adalah air yang memiliki TDS rendah. Alias belum/sedikit kontaminasi dengan zat padat.



For your info, bahwa air yang boleh kita minum memiliki kadar TDS dibawah 500 mg/l. Tapi, kadar TDS 500 mg/l udah batas paling tinggi ya. Karena semakin kecil TDS nya, semakin aman untuk diminum karena semakin sedikit juga zat padat yang terlarut di dalamnya.



Berikut gambaran tingkat kandungan TDS dalam air:





Terus gimana untuk mendapatkan air dengan tingkat TDS yang rendah?


Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan air dengan tingkat TDS terbaik. Di Indonesia sendiri, karena sudah ada peraturan dalam menjual air minum bisa bikin kita agak lega nih. Karena air minum yang beredar di pasaran aman untuk diminum alias memiliki TDS yang rendah.


Namun, ada yang keren nih Gan. Karena ternyata TDS yang ada dalam air bisa diminimalisir pake teknologi yang namanya water purifier. Pernah lihat kan di film luar negeri orang minum langsung dari keran? Hal tersebut dilakukan karena TDS nya rendah dan biasanya air tersebut sudah tersaring dengan water purifier.



Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa titik tempat yang menggunakan water purifier sehingga airnya bisa langsung diminum karena memiliki TDS yang rendah. Dan ternyata water purifier ini sudah dijual dipasaran juga. Biasanya mereka yang tinggal di Apartemen yang cukup banyak pake water purifier. Jadi air keran bisa langsung di minum. Gak usah susah-susah angkat galon lagi.

0 komentar:

Post a Comment