Cara Membaca yang baik/ Efektif

Effective Searching
“Anak muda zaman sekarang tidak akan terdidik sampai dia menjadi pembaca yang efektif” (Pramila Ahuja)
Menghabiskan satu minggu bahkan satu bulan membaca satu buku namun berakhir dengan pemahaman yang minim adalah suatu kerugian besar. Coba kita ingat lagi, berapa banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan dengan waktu selama itu? Belum lagi, berapa banyak waktu yang seharusnya Anda habiskan dengan orang terdekat dan bersenang-senang? Kita harus membuat proses membaca menjadi efektif. Bagaimana cara untuk membaca sesingkat mungkin dengan pemahaman yang sedalam mungkin. Jika Anda ingin membaca lebih banyak namun bisa tetap meluangkan banyak waktu untuk bersenang-senang, mungkin tips di bawah ini akan sangat membantu Anda.

Membaca Buku atau Membaca Smartphone?

Membaca Buku atau Membaca Smartphone?
(Foto:Media Indonesia)
Pada zaman modern yang serba digital sekarang ini, mayoritas masyarakat menginginkan segala sesuatu yang serba cepat dan instan. Termasuk dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan. Mereka lebih suka mencari informasi di dunia maya lewat smartphone. Kebiasaan membaca buku, juga koran dan majalah lama-kelamaan mulai ditinggalkan.

Manfaat Membaca bagi Otak dan Tubuh

Gemar membaca bisa melindungi otak Anda dari penyakit Alzheimer, mengurangi tingkat stres, mendorong pikiran positif dan memperkuat persahabatan. 

Berikut ini adalah manfaat yang diterima otak dan tubuh saat Anda membuka buku.

Memberikan kekuatan bagi memori.

Membaca memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak dibandingkan menonton TV atau mendengarkan radio. Baik ketika Anda memahami halaman per halaman atau hanya sekedar memindai instruksi manual mesin pembuat kopi, bagian otak yang telah mengembangkan fungsi-fungsi lain — seperti kemampuan imajinasi, bahasa dan pembelajaran asosiatif — semua terhubung dalam sirkuit saraf tertentu untuk membaca. Ini merupakan hal yang sangat menantang, kata Ken Pugh, PhD, presiden dan direktur penelitian Haskins Laboratories kepada majalah Oprah. Kebiasaan membaca memacu otak Anda berpikir dan berkonsentrasi.

Bangun website anda sekarang