Khasiat dan Efek Samping Buah Leci


Khasiat dan efek samping Buah Leci – Buah Leci (lychee) adalah buah dari pohon Chinensis Litchi yang berasal dari Cina, Taiwan dan Asia Tenggara. Buah Lecimemiliki tekstur kulit yang kasar dengan duri-duri yang kecil yang sedikit tajam menonjol dan bila diperhatikan mirip dengan buah strawberry, bila sudah matang berwarna merah muda kemudian berubah menjadi kecoklatan ketika mengering dan berwarna hijau ketika masih mentah, daging buahnya berwarna putih dan memiliki aroma yang harum.

Konsumsi leci secara langsung mungkin belum terlalu umum bagi masyarakat di Indonesia. Umumnya masyarakat mengkonsumsi leci dalam bentuk olahan atau dengan campuran. Padahal leci merupakan buah yang telah melegenda di Cina.

Tahukah Anda bahwa sekitar sembilan buah leci sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian 100% vitamin C Anda? Buah Leci sebenarnya adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Selain itu buah ini juga mengandung tembaga, vitamin B6, serat dan potasium juga loh.

Leci merupakan salah satu buah dengan kandungan lemak yang sangat rendah. Jadi, konsumsi leci baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet. Selain itu leci juga baik untuk orang yang dalam kondisi lemah dan baik bagi orang lanjut usia.

Berikut Khasiat dan Efek Samping yang terdapat di Buah Leci :

  • Menjaga kesehatan jantung
    Buah Leci kaya akan polyphenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga akan membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung sehingga Anda pun dapat terhindar dari stroke dan penyakit jantung koroner lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi  lebih dari 700 miligram vitamin C setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebersar 25 persen.  Secangkir buah leci mengandung lebih dari 200% Kebutuhan Harian Vitamin C (190 gram).
  • Menguatkan tulang
    Buah Leci merupakan sumber fosfor dan magnesium yang membantu untuk mempertahankan kekuatan tulang. Buah leci juga salah satu buah-buahan yang kaya akan tembaga. Bila digabung bersama seng, maka tembaga dapat meningkatkan efektivitas vitamin D, sehingga meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Meningkatkan imunitas
    Buah Leci juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal penyakit menular seperti demam dan flu.
  • Menurunkan Berat Badan
    Jika berat badan Anda berlebihan, dan Anda ingin menurunkan berat badan, maka sangat baik jika Anda mengkonsumsi buah leci secara teratur. Makanan yang kaya serat butuh waktu yang lebih lama untuk dikunyah, sehingga memberikan tubuh cukup waktu agar merasa kenyang, jadi Anda tidak makan berlebihan.
  • Mencerahkan kulit
    Kandungan nutrisi di dalamnya baik untuk menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit nampak lebih muda.
  • Mencegah Anemia
    Kandungan tembaga dalam leci memiliki banyak kontribusi yang sehat untuk tubuh, termasuk membantu tubuh menyerap zat besi dan membuat sel-sel darah merah. Kurangnya tembaga memiliki gejala yang mirip dengan anemia karena kekurangan zat besi.
  • Memperbaiki pencernaan
    Buah Leci memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pencernaan racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut.
  • Menjaga Kesehatan Mata
    Antioksidan seperti vitamin C membantu mencegah degenerasi makula terkait usia dengan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas pada retina. Dengan mengkonsumsi juga buah-buahan yang mengandung vitamin E, beta karoten , seng dan tembaga maka akan semakin baik menjaga kesehatan mata karena degenerasi makula.
  • Mencerdaskan Otak
    Menurut penelitian Archives of Neurology, kombinasi vitamin C dan E dapat mengurangi risiko Alzheimer sebanyak 64 persen. Nah, buah leci mengandung vitamin C yang tinggi. Buah.

Mengurangi Rasa Nyeri Haid
Mengurangi rasa nyeri haid bisa dilakukan dengan cara terapi buah. Anda pasti tahu buah leci, buah sebesar buah duku ini ternyata mempunyai khasiat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi.
Untuk mengatasi rasa nyeri haid, biji buah leci dicampur dengan rumput alang-alang. Caranya cukup mudah, ambil 6 gr biji leci dan 3 gr rumput alang-alang. Semua bahan digiling sampai lembut kemudian tambah air secukupnya dan minum sampai habis. Ramuan ini juga berkhasiat untuk menambah tenagadan mengobati sakit perut bawah yang bukan disebabkan haid.
Untuk terapi alami menambah stamina atau memulihkan tubuh setelah sakit makanlah buah leci ini 60-150 gr tiap hari. Lakukan selama 1 minggu secara teratur dan lihat hasilnya.

Mengatasi Asma
Buah leci juga dapat mengatasi penyakit bengek atau asma, caranya cukup dengan menjemur buah tersebut sampai kering. Kemudian ambil buah leci yang sudah kering tersebut kira-kira 120 gr buang kulit dan bijinya. Kukus dan tumbuk sampai halus, konsumsi ramuan ini secara teratur tiap hari karena terapi alami memerlukan proses penyembuhan.

EFEK SAMPING BUAH LECI

JANGAN Makan Leci sebelum makan. Kandungan gula di dalam leci sangat tinggi. Oleh karena itu, makan buah leci saat perut masih kosong dapat menyebabkan tekanan osmosis darah menjadi tinggi.

0 komentar:

Post a Comment

Bangun website anda sekarang