Teknologi Knalpot Jet DUCATI di MotoGP

Ducati Umbar Teknologi Knalpot Jet di MotoGP
Knalpot Ducati Desmosedici GP17 dengan katup ala mesin jet. Istimewa
Metrotvnews.com: Pelarangan penggunaan winglet membuat Ducati kembali berinovasi untuk menjinakkan tenaga besar kuda besi Desmosedici GP17. Kepala teknis Ducati,
Gianluigi Dall'Igna mengumumkan teknologi baru yakni knalpot berbentuk ala mesin jet.

Pabrikan Italia ini pun mematenkan teknologi barunya agar tidak ditiru tim lain. Cara kerja knalpot ini yakni mampu memberikan daya dorong untuk meningkatkan downforce, agar roda depan tak terangkat saat akselerasi.
Cara kerjanya, di ujung knalpot terdapat sebuah alat seperti mulut manusia yang akan bergerak otomatis mengecil membesar. Alat bergerak sesuai dengan kecepatan motor dan digerakkan motor listrik.

Secara logika, jika katup menyempit, udara yang keluar dari knalpot akan lebih kuat daya dorongnya, begitu sebaliknya. Mesin MotoGP bermain di rentang 7.000-18.000 rpm, katup akan begerak menyesuaikan rentang putaran mesin.

Posisi knalpot pun dibuat mendongak mendekati sudut 45 derajat, bukan lagi lurus seperti biasanya. Sejauh ini belum ada laporan efek terkait knalpot ala mesin jet ini, namun hasil positif yang diraih pembalap penguji Casey Stoner, rasanya enovasi yang dilakukan cukup berhasil.


sumber

0 komentar:

Post a Comment

Bangun website anda sekarang