Sejarah Kelahiran beberapa Agama Besar Dunia

Ini adalah urutan kelahiran Agama-agama yang terkenal di Dunia. Perlunya sejarah, agar kita tidak dibohongi oleh pemuka-pemuka agama yang ingin meyakinkan para penganutnya, agama yang dianutnya adalah bukan berasal dari agama lokal.
1. Agama Hindu : Lahir seminar 3102 sampai 1300 Sebelum Masehi, bermula sebagai agama lokal di India.

Agama ini diperkirakan muncul antara 6000-7000 tahun SM. Agama Hindu merupakan agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia dengan jumlah umat sebanyak lebih dari 1 miliar jiwa.






2. Agama Budha : Lahir seminar 563 SM – 483 SM, bermula sebagai agama lokal di India.
Sebuah agama yang diazaskan oleh Siddharta Gautama, mulai dari 2600 tahun SM dan adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia, setelah Hindu. Buddha merupakan gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha. Dalam penggunaan lain, merupakan contoh bagi manusia yang telah sadar. Mempunyai kurang lebih 500 juta penganut di dunia.




3. Agama Yahudi :  Lahir sekitar tahun 6000 SM

Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia. Sejarah terbesar mereka adalah ketika Nabi Musa (Moses) menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan bangsa Mesir di Mesir, menurunkan perintah Tuhan kepada mereka dan menjadikan mereka sebagai cahaya bagi manusia sedunia. Nabi Nuh (Noah) dan Nabi Abraham (Ibrahim) adalah sebagai nabi yang pertama memperkenalkan ajaran ini. Mungkin inilah induk dari dua agama besar di dunia (Kristen dan Islam). Penganut agama Yahudi tidak hanya pada bangsa Israel, tapi bangsa Palestina juga banyak yang menganut agama Yahudi ini, dan bangsa Ethiopia, dan menyebar di beberapa bangsa di Afrika, serta di beberapa ethnic suku di India. Saat ini, agama Yahudi kurang lebih mempunyai lebih dari 18 juta pengikut.


4. Agama Tradisional Cina : Lahir sekitar tahun 583 SM


Agama Tradisional China adalah agama turun temurun bangsa Cina, yang sering disamakan dengan Kon Fut Se, dan di Indonesia disebut sebagai Kong Hu Cu. Ia sebenarnya adalah satu budaya tradisional yang dituruni dari satu generasi ke satu generasi secara lisan.
Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.Agama ini tidak mempunyai kitab dan tidak pula mempunyai institusi yang memeliharanya. Oleh karena itu ajaran agama ini bisa berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lain. Tetapi secara umumnya agama ini mendukung konsep "yang baik dibalas baik, yang buruk dibalas buruk". Ajaran agama ini mempunyai penganut 400 juta orang di dunia.


5. Agama Kristen : Lahir sekitar 6 SM-4 SM, bermula sebagai agama lokal di Nazareth, Israel.


Inilah agama terbesar saat ini yang penganutnya sebanyak lebih dari 2,2 milyar yang tersebar di seluruh dunia. Diketahui sebenarnya lahir antara 6 SM-4 SM. Agama Kristen adalah sebuah agama monoteistik yang otentik dengan pengajaran"Kasih", tentang mengasihi sesama bahkan musuh sekalipun dikasihi, berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias yang Menjelma sebagai manusia yang dilahirkan kedunia sesuai ramalan dalam Perjanjian Lama dan kitab-kitab Yahudi, juruselamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa, yang akan datang kembali di hari terakhir dunia ini untuk mengangkat umat-umat terkasihnya ke sorga. Agama ini walau kerap mengalami penindasan tapi sangat pesat perkembangannya, terutama di Asia dan Asia Tenggara. Agama Kristen ini terbagi dalam dua cabang besar, yaitu: Kristen Katholik dan Kristen Protestan.

6. Agama Islam : Lahir sekitar 570 M-632 M, bermula sebagai agama lokal di Mekah-Medinah, Arab Saudi

Hadir pada abad 6 Masehi, tepatnya pada pada tahun 622 M. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Allāh. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Allah. Para pengikutnya meyakini bahwa Muhammad adalah juga seorang nabi, dan mengklaim beberapa nabi-nabi Jahudi juga sebagai nabi mereka. Agama ini mempunyai pengikut 1,2 milyar umat di dunia, yang menjadi agama terbanyak kedua pengikutnya setelah Kristen.





Sumber:
https://nakbalibelog.wordpress.com/2013/09/17/sejarah-kelahiran-agama-besar-dunia/
http://planetlegend.blogspot.co.id/2016/03/10-agama-tertua-di-dunia.html

Reactions:

adsensecamp