"Sallekhana" (sebuah ritual puasa sampai mati agama Jain India)

Jainisme (diucapkan [dʒɛ ː nɪzəm]), Secara tradisional dikenal sebagai Jaina dharma, adalah sebuah agama India yang mengatur jalan non-kekerasan terhadap semua makhluk hidup. Ini adalah salah satu agama tertua di dunia menemukan akarnya di India kuno. Tradisi mengatakan bahwa keyakinan ini telah diberitakan oleh suksesi dua puluh empat dai iman yang dikenal sebagai tirthankara. Jainisme menekankan kemandirian spiritual dan kesetaraan antara semua bentuk kehidupan. Praktisi agama ini percaya bahwa non-kekerasan dan pengendalian diri adalah cara yang mereka dapat memperoleh pembebasan dari siklus reinkarnasi


Dalam ajaran ini adalah ritualnya yg disebut "Sumpah Sallekhana".
Ritual ini bisa dibilang sangat ekstrim dimana seseorang penganut ajaran ini melakukan puasa hingga ia meninggal. untuk lebih lengkap mari cek deskripsinya berdasarkan wikipedia.

Sallekhana adalah ritual agama Jain yang melakukan bunuh diri dengan cara berpuasa. Karena sifat berkepanjangan Santhara, individu diberikan waktu yang cukup untuk merenungkan hidupnya. Sumpah Sallekhana diambil ketika seseorang merasa bahwa kehidupannya telah mencapai puncaknya. Tujuan dari sumpah ini adalah untuk membersihkan karma lama dan mencegah penciptaan yang baru.






Reactions:

adsensecamp