Kurang dari 10 hari, kita akan meninggalkan tahun 2010 dan memasuki 2011. Di tahun ini, rentetan teknologi baru yang memudahkan hidup kita sehari-hari mewarnai jagat digital. Mulai dari smartphone, laptop, tablet PC, dan sebagainya, yang masing-masing menawarkan kelebihan fungsi dan fiturnya sesuai segmen pasar yang dituju.

Tak hanya itu, di luar perangkat mobile atau gadget, penggiat teknologi telah membuat terobosan dengan menayangkan siaran 3D pertama di dunia. Inovasi ini untuk mengimbangi peredaran televisi 3D yang mulai menjamur di dunia sejak tahun 2009 silam.

Terobosan lain, untuk pertama kalinya, pesawat luar angkasa swasta pertama meluncur dari Bumi. Keberhasilan ini menandakan dimulainya bisnis pariwisata ke ruang angkasa.Sementara kabar baik dari dunia jaringan, Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang berhasil membangun dan menyelenggarakan jaringan komersial EV-DO (Evolutin Data Optimized) Rev. B di Bali.

Berikut ulasan kami secara lebih detail tentang lima teknologi terpanas sepanjang tahun 2010:

1. Tablet PC
Apple iPad dipamerkan di San Fransisco

Teknologi Terpanas di Tahun 2010 #1


HewlettPackard akan menghadirkan komputer tablet berbasis sistem operasi WebOS mereka yakni PalmPad di awal tahun depan.
Pernyataan itu diungkapkan oleh Todd Bradley, Head of Personal Systems Group, HP. Dibanding iPad, PalmPad memiliki ukuran yang lebih ringkas yakni 8,9 inci dengan bobot yang juga lebih ringan, yakni hanya 0,56 kilogram. Dari sisi perlengkapan, PalmPad juga dilengkapi konektivitas USB 3.0, HDMI, serta dual camera (1,3MP di depan dan 3MP di belakang).

“Mendongkrak penjualan produk tablet dan HP Slate merupakan salah satu alasan utama kami membeli Palm,” kata Bradley, pada konferensi pers kinerja keuangan perusahaan, seperti dikutip dari Reghardware, 22 Desember 2010.

PalmPad dari HewlettPackard