Percy Jackson, The Lightning Thief, Saya lumayan menikmati karya dari para brilian yang berhasil menggabungkan suatu mitologi dewa-dewa Yunani kuno dan suatu karya narasi. Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan epik mitologi dewa-dewa Yunani yang asli dari mulai masa para Titan, hingga masa para dewa-dewa Olympus yang diangkat dalam film Percy Jackson, The Lightning Thief.

Rujukan yang kebanyakan digunakan orang banyak dalam mitologi Yunani kuno ini adalah karya-karya sastra dari Homerus danHesiodus. Dalam artikel saya kali inipun saya akan kebanyakan mengutip dari karya-karya epik tulisan Homerus dan Hesiodus.

Dewa Titan
Dalam mitologi Yunani, para dewa titan adalah para dewa yang pertama kali ada sebelum para dewa-dewa di Olimpus hadir. Para dewa-dewa awal ini dilukiskan oleh Hesiodus dalam karyaTheogoni-nya sebagai para dewa yang muncul begitu saja. Menurut Hesiodus, awal dari semua kisah para dewa adalah suatu keadaan yang dinamakan Chaos. Dalam bahasa Yunani, disebut Χαος yang jika diterjemahkan dari bahasa saat ini, chaos menggambarkan suatu keadaan yang kacau-balau. Menurut Hesiodus, inilah keadaan awal alam semesta sebelum munculnya para dewa ke alam semesta. Dari kekacaubalauan inilah muncul legenda yang paling awal dalam mitologi Yunani.
Ilustrasi Gaia

Dewa Dewa Yunani Dalam Mitologi Asli Yunani