Teknologi Terpanas di Tahun 2010 #2

Teknologi apa yang kira-kira menarik diketahui namun jarang sekali diperbincangkan banyak orang? Misalnya, penayangan siaran 3D pertama di dunia. Inovasi tersebut muncul untuk mengimbangi peredaran televisi 3D yang menjamur di dunia sejak tahun 2009.

Terobosan lain, untuk pertama kalinya, pesawat luar angkasa swasta pertama meluncur dari Bumi. Keberhasilan ini menandakan dimulainya bisnis pariwisata ke ruang angkasa.

Berikut ulasan VIVAnews secara lebih lengkap:

Siaran televisi 3D Pertama di Dunia
Fans sepakbola di London saat menyaksikan siaran 3D antara Arsenal dan MU

Konon, teknologi 3D akan disematkan pada seluruh televisi di dunia dan diproyeksi 'booming' mulai tahun 2013, ketika produk TV 3D diproduksi secara masif dan harganya terjangkau. Perkiraan ini yang kemudian mendorong Sky, perusahaan penyedia layanan TV berbayar di Inggris, untuk menayangkan siaran 3D pertama di dunia.

Siaran televisi 3D perdana itu diselenggarakan 31 Januari 2010 yang menyiarkan laga pertandingan sepakbola antara Arsenal dan Manchester United. Dengan mulai meningkatnya jumlah peredaran pesawat televisi 3D di Inggris, Sky berjanji untuk menayangkan secara rutin siaran langsung liga primer Inggris secara 3D di ratusan pub lainnya, mulai musim panas ini.

Pesawat Luar Angkasa Swasta Pertama Berhasil Meluncur
Peluncuran pesawat luar angkasa SpaceX
Keberhasilan ini menandakan dimulainya bisnis pariwisata ke ruang angkasa. SpaceX mengukuhkan diri sebagai pesawat antariksa komersial pertama di dunia yang siap membawa Anda bertamasya ke luar Bumi. Kapsul milik Space Exploration Technologies Corp itu mengangkasa selama tiga jam dan berhasil mengitari bumi di orbitnya sebanyak dua kali. Ia berhasil menjalankan misinya dan dikabarkan jatuh di Samudera Pasifik sesuai perintah.

Space Exploration Technologies tidak sendirian. Ada sembilan pesawat luar angkasa swasta lain yang siap mengantar Anda berwisata menikmati keindahan antariksa. Anda bisa menyimaknya di link berikut ini: 10 Pesawat Siap Bawa Anda ke Luar Angkasa (I), 10 Pesawat Siap Bawa Anda ke Luar Angkasa (2), dan 10 Pesawat Siap Bawa Anda ke Luar Angkasa (3).

5. Teknologi EV-DO Rev. B Pertama di Dunia
Ilustrasi BTS
Biasanya teknologi jaringan selalu diluncurkan pertama kali secara komersial di AS. Namun, kali ini Indonesia berhasil menggelar teknologi tersebut secara komersil pertama di dunia. Di Bali, Smart Telecom bekerja sama dengan ZTE dan Qualcomm sukses mengupgrade jaringan dengan kecepatan download 9,3Mbps dan upload 5,4 Mbps.

Ketika diluncurkan, Smart mematok layanan EV-DO Rev. B dengan biaya langgan sebesar Rp450.000 (belum termasuk PPN) per bulannya selama satu tahun. Pelanggan juga akan mendapatkan sebuah modem EV-DO Rev. B secara cuma-cuma.

Simak juga Teknologi Terpanas lainnya di Tahun 2010 #1 di link berikut ini.

• VIVAnews
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp