Irit Bensin Motor

Ingin berbagi sedikit tips irit bensin. Semoga berguna untuk anda yang sehari-hari rutin menggunakan kendaraan bermotor dan ingin kendaraan yang anda gunakan mengkonsumsi bahan bakar lebih irit dari biasanya. Tips ini di dapat dari pengalaman pribadi dalam berkendara. Mudah dan bisa diterapkan pada kendaraan anda baik mobil ataupun motor. Mungkin sudah banyak tips yang mirip seperti yang weblog rioap tulis. Jika anda sudah pernah membacanya, mungkin ini sedikit meriview kembali. Dan untuk anda yang belum pernah membacanya bisa menjadi referensi tambahan untuk anda, kalau bisa anda bagi tips ini ke orang yang anda kenal.

Bagaimana sih caranya agar asupan bahan bakar kendaraan anda lebih irit. Ada berbagai cara untuk mengirit bensin, dari kondisi kendaraan dan cara mengemudi itu mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Anda bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini :

Periksa tekanan udara ban kendaraan. Udara atau angin dalam ban bisa mempengaruhi kendaraan anda ketika dijalankan. Kendaraan akan terasa lebih berat. Jadi, periksa secara rutin tekanan udara ban kendaraan anda sebelum digunakan.

Periksa filter udara. Filter udara menyaring udara bebas sebelum masuk ke dalam karburator. Gunanya, agar udara yang masuk ke dalam karburator itu bersih. Karena di dalam karburator itu udara akan bercampur dengan bensin, dan proses pembakaran pun terjadi. Udara yang bersih mempengaruhi proses pembakaran lebih baik. Jadi jangan ragu untuk membersihkan filter udara secara rutin dari debu yang menempel, jika media filter sudah rusak jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Periksa busi. Ini juga berhubungan dengan pembakaran pada bensin. Ada batas pemakaian busi ini biasanya 5000 km. Kalau sudah berkerak, sebaiknya segera diganti dengan busi baru.

Periksa keadaan rem. Rem adalah vital untuk sebuah kendaraan. Selain periksa keadaan ampas rem masih baik, periksa juga jarak antara gesekan rem tersebut. Jika terlalu mepet akan sering bergesekan, selain boros pada bensin juga membuat boros ampas rem kendaraan anda.

Periksa oli. Penggunaan oli ini ada batas penggunaannya setelah beberapa kilometer. Jangan lupa mencatat kapan anda terakhir mengganti oli kendaraan anda. Gunakan juga tingkat kekentalan oli atau SAE yang sesuai dengan kendaraan anda. Mudahnya liat pada buku petunjuk kendaraan anda, biasanya tertera standar untuk penggunaan oli.

Jangan ragu untuk menservice kendaraan di bengkel. Sebaiknya anda meluangkan waktu setiap beberapa bulan untuk melakukan service atau pengecekan ringan pada kendaraan anda di bengkel. Biasanya sih service ketika penggantian oli. Anda bisa sekaligus melakukan tune-up pada kendaraan. Membersihkan karburator, saluran udara, saluran bensin, dan juga sistem pengapian.

Perhatikan beban kendaraan. Beban kendaraan sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Dalam keadaan ringan, asupan bensi akan lebih sedikit dibandingkan jika kendaraan dalam kondisi berat karena penuh terisi barang dan penumpang. Karena beban pada kendaraan mempengaruhi kerja mesin, dan mesin membutuhkan energi lebih dari bensin yang terbakar.

Panaskan mesin kendaraan dengan wajar. Saat awal kendaraan ingin digunakan biasanya kita memanaskannya. Cara memanaskan kendaraan yang baik adalah dinyalakan selama beberapa menit saja. Tetapi harus diingat anda tidak perlu memainkan gas selama mesin kendaraan, itu hanya akan membuang bensin dengan percuma. Biarkan mesin panas secara alami, dan paling lama 10 menit saja.

Perhatikan putaran mesin (RPM). Berkendara dengan RPM dibawah 3000. Dengan begitu kerja mesin lebih ringan, bensin lebih irit. Dengan berkendara dibawah 3000 RPM bukan berarti kendaraan anda berjalan lambat.

Perhatikan cara anda membuka gas. Ketika mulai menjalankan kendaraan dari keadaan berhenti, jangan membuka gas terlalu besar. Tetapi bukalah gas dengan halus saja, yang penting kendaraan melaju dengan pasti. Biasanya orang melakukan bukaan gas berlebihan, bahkan kasar ketika berada di lampu merah atau ketika memanaskan mesin kendaraan. Membuka gas dengan berlebih akan membuang bensin yang terbakar dengan percuma.

Mainkan persneling dan gas dengan baik. Sesuaikan putaran mesin dan kecepatan kendaraan anda ketika ingin mengganti persneling atau gigi kendaraan anda. Jangan pindahkan persneling ketika kecepatan kendaraan anda lambat ataupun kencang. Ketika putaran mesin anda lambat perpindahan ke persneling yang lebih tinggi akan menambah kerja mesin lebih berat. Lebih baiknya mengganti gigi persneling pada putaran mesin di bawah 5000 RPM.

Mengemudi dengan kecepatan 50 km/jam. Dengan kecepatan yang tinggi berarti putaran mesin lebih kencang dan asupan bensin lebih banyak lagi. Untuk idealnya kemudikan kendaraan anda maksimal 50 km/jam. Kecepatan sedang tidak terlalu lambat dan kencang, tetapi memaksimalkan kerja mesin dan pembakaran bahan bakar.


Perhatikan cara menggunakan rem. Hindari melakukan pengereman hingga kendaraan anda berhenti, kecuali memang kendaraan di depan berhenti. Maksudnya disini, ketika dijalan sedang ramai pengereman tidak usah terlalu full tetapi sisakan keadaan kendaraan tetap berjalan sedikit. Penggunaan rem ini lebih maksimal jika disertai cara mengemudi dengan kecepatan yang tidak tinggi. Dengan mengkombinasikan dua cara ini ikut membantu pengiritan bahan bakar kendaraan anda.

Perhatikan cara mengemudi anda. Cara mengemudi yang baik juga berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Kalau anda ingin irit bensin, maka kemudikan kendaraan anda dengan sabar, tidak perlu ngebut. Perhatikan cara anda membuka gas, tingkat RPM dan kecepatan maksimal kendaraan, serta kemampuan anda mensinkronisasi antara gas dan rem. Jaga emosi anda ketika di jalanan. Safety and Economical Driving juga dibutuhkan untuk irit bensin, tetapi ini lebih dari dalam diri pengemudi bukan kendaraannya.

Dari beberapa tips diatas bisa diaplikasikan disemua kendaraan. Baik yang besar atau yang kecil, mobil maupun motor. Selain irit bensin, anda juga bisa ikut menjaga lingkungan sekitar. Ternyata cara mengemudi kendaraan juga mempengaruhi polusi yang dikeluarkan kendaraan yang kita kemudikan. Pembakaran yang sempurna mengurangi polusi udara. Sedikit tambahan untuk pengendara roda dua jangan lupa untuk selalu menggunakan helm standar, untuk keamanan dan kenyamanan anda juga.

Mulailah memperhatikan hal kecil pada kendaraan anda. Jangan lupa juga untuk memperhatikan cara berkendara anda agar lebih baik. Selain mempengaruhi asupan bahan bakar anda, kantong anda juga lebih irit. Mulailah tips irit bensin yang sederhana ini dengan segera.


1.cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

2.cek kondisi roda
contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sevav bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagai na.

3.atur jarak main rem.
sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".

4.pelumas.
daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepad(jarak tempuh jauh),namun bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran na lancar.

5.setel klep.
celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat.efek na,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat.sesuai spesifikasi motor masing".

6.setel kopling.
ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.

7.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM.lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.

8.filter karburator.
dr data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.

9.servis/setel karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.

10.menaikan kompresi.
ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head.melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.

11.upgrade sistem pendinginan.
stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.

12.upgrade mesin.
ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.

13.pakai fuel saver.
tak haram lo,jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagai na.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

14.upgrade pengapian.
sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.

15.cdi racing.
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.

16.ringan kan beban motor.
motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.

17.cara berkendara.
kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda masuk suka kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
 
 http://bmkeys.blogspot.com/2010/07/tips-irit-bensin.html
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp