Penerima Penghargaan Nobel Tahun 2010

Sekilas Penghargaan Nobel:
Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia, dan seorang penemu dinamit. Dia menandatangani wasiat tersebut di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895. Hal ini dilakukan karena ia terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang merusak, dan dia menginginkan agar penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap kemanusiaan
Adapun Penerima Penghargaan Nobel 2010 adalah :


Penghargaan di bidang Fisika


Andre Geim Konstantin Novoselov

Andre Geim & Konstantin Novoselov

Penemu Graphene, material molekul dari carbon pertama di dunia yang berbentuk 2 dimensi. Penemuan molekul baru ini sebenarnya terjadi pada tahun 2004 dan baru pada tahun inilah mendapat pengakuan internasional atas penemuannya.
Karakteristik Graphene :
-          Kuat dan berfungsi sebagai konduktor yang sangat baik.
-          100 x lebih kuat dari baja dan menghantarkan konduktor lebih baik dari tembaga.
Penemuan ini akan membuka kunci yang penting untuk penemuan2 lainnya seperti Touchscreen transparan, chip computer dll

Atom Karbon Graphene

Penghargaan di bidang Kimia


Richard F. Heck Ei-ichi Negishi Akira Suzuki

Richard F. Heck, Ei-ichi Negishi, Akira Suzuki
Kehidupan didunia terdiri dari karbon. Ikatan karbon dengan berbagai jenis membentuk molekul unsur kehidupan. Karena ukurannya yang kecil adalah suatu tantangan tersendiri bagi para ilmuan untuk mereplika dan merekonstruksi atom carbon organik. Penghargaan ini diberikan atas penemuan metode baru untuk mengikat atom karbon sehingga dapat membentuk ikatan karbon baru yang lebih efesien dengan menggunakan bantuan senyawa paladium yang dapat di gunakan dibidang rekayasa pertanian, medis dll. Metode tersebut diberinama The Heck, Negishi and Suzuki sesuai dengan nama mereka masing-masing
Reaksi Heck:

Penghargaan di bidang Psikologi atau Kesehatan

Robert G. Edwards
Robert G. Edwards
Penemu metode In vitro fertilisation atau pembuahan sperma di luar rahim dari sang Ibu, yang digunakan untuk mengatasi masalah kesuburan pada pasangan yang menginginkan anak. Sampai sekarang sudah 4 juta bayi lahir dengan metode ini sejak diperkenalkan pada tahun 1978 dan sudah dianggap umum oleh dunia kedokteran. Tidak heran pada tahun ini penemu metode bayi tabung ini mendapatkan apresiasi dan pengakuan atas pencapaiannya tersebut.
vitro fertilization:

Penghargaan di bidang Sastra


Mario Vargas Llosa
Mario Vargas Llosa
Salah satu penulis yang berpengaruh di Amerika Latin, lahir di Peru pada tahun 1936, beliau termasuk aktif dan vokal dalam menyuarakan aspirasinya melalui tulisan-tulisan. Salah satu tulisannya yang terkenal adalah The time of the Hero (1963) yang berakibat pada penarikan bukunya oleh pemerintah Peru karena kritik2nya kepada pemerintah. Buku lain ditulisnya antara lain The Conversation in the Cathedral (1969), Aunt Julia and the Scriptwriter (1977), The War of the End of the World (1981). Penulis yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden Peru pada tahun 1990 tetapi gagal dalam pemilihannya. Kini beliau berpolitik melalui tulisan-tulisannya
Penghargaan di bidang Perdamaian


Liu Xiaobo
Liu Xiaobo
Liu Xiaobo adalah seorang mantan guru besar sastra, sekarang menjalani sebelas tahun penjara di China, untuk apa yang disebut “subversi terhadap kekuasaan negara.”
Liu sebelumnya dipenjara selama lima tahun karena ambil bagian dalam protes demokrasi Lapangan Tiananmen tahun 1989.
Baru-baru ini Liu adalah salah satu penulis utama Piagam ’08, sebuah petisi yang menyerukan rezim China untuk meningkatkan hak asasi manusia, menciptakan sistem peradilan yang independen dan memungkinkan demokrasi multi-partai di China.
Piagam ’08 didasarkan pada Piagam ’77, sebuah petisi yang sama yang menyerukan kebebasan, di Cekoslovakia. Salah satu penulis Piagam ’77, Vaclav Havel menulis sebuah surat terbuka yang diterbitkan dalam Herald Tribune internasional minggu lalu menyerukan kepada Komite Nobel untuk memberikan Hadiah Nobel Perdamaian 2010 kepada Liu Xiaobo. Sebuah petisi juga telah beredar di internet ditandatangani oleh lebih dari 300 pengacara China dan profesional lainnya, mendukung Liu untuk menerima hadiah tahun ini.
 
http://unikboss.blogspot.com/2010/10/penerima-penghargaan-nobel-tahun-2010.html
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp