Blewah, Makanan Super


Makanan apa saja yang seharusnya ada ketika Anda mesti bertahan di sebuah pulau gersang atau setelah puasa dalam waktu yang lama? Dengan syarat kebutuhan makro dan mikro nutrisi yang harus terpenuhi, blewah ternyata sangat dianjurkan daripada mi instan.

Buah yang selalu hadir sebagai menu takjil pada bulan Ramadan ini bukan cuma bisa menyegarkan kerongkongan, tapi juga kaya nutrisi. Kadar gulanya memang sedikit tinggi, tapi blewah adalah sumber vitamin A, vitamin C, dan kalium, yang sayang untuk dilewatkan.
Indeks kandungan glycemic-nya yang rendah, begitu juga asam lemak, membuat blewah adalah pilihan yang lebih baik ketimbang pisang.

Berikut ini adalah makanan lain dengan manfaat yang sepadan dengan blewah.

IKAN
Setiap jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bersahabat dan protein. Tambahan lagi, ikan adalah sumber vitamin B12, sama seperti daging hewan lain.

RUMPUT LAUT
Hampir semua jenis rumput laut bisa dimakan. Rumput laut, yang ketika kering bisa tahan sampai sebulan penuh, dijejali vitamin dan mineral.


BERAS
Beras dan biji-bijian lainnya, seperti gandum, memiliki banyak vitamin penting (contohnya niacin dan vitamin B lainnya) serta mineral (mangan dan selenium) yang tidak banyak terdapat pada buah.

BERI
Buah stroberi dan yang lainnya menawarkan kelebihan rasa, content vitamin dan potensi sebagai antioksidan.

SAYUR HIJAU
Kerabat dekat brokoli ini sangat kaya vitamin, mineral, dan serat.

BUNCIS
Sama seperti buah beri, kebanyakan kacang-kacangan juga bernutrisi tinggi. Kandungan kalsium dan besi yang tinggi membuat mereka tergolong makanan super.

Source : Tempo
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp