Apa yang menyebabkan biji jagung menjadi popcorn?

Kita mungkin pernah membeli atau bahkan memasak popcorn untuk camilan. Popcorn terbuat dari jenis jagung tertentu yang bila dimasak dengan sedikit minyak dapat meletup dan mengembang. Ternyata pada proses memasaknya ada rahasia yang bisa dijelaskan dengan sains.

Rahasia terbentuknya popcorn ini terdapat pada tepung jagung dan kandungan air didalamnya juga kulit jagung yang keras menutupinya. Pada saat kita menaruh biji jagung tersebut ke dalam minyak dengan panas di atas 1000C, air dalam biji jagung tersebut akan bereaksi dengan tepung jagungnya sehingga terbentuk jel.
Pada saat suhu minyak mencapai 1800C jel ini memiliki tekanan yang sangat besar karena pada temperature tersebut air sudah terbentuk gas dengan tekanan yang besar. Walapun kulit jagung ini mampu menahan tekanan hingga 10 atm tapi tekanan yang besar dari uap gas pada suhu ini, mampu memecahkan kulit tersebut. Pecahnya kulit jagung tersebut juga diikuti keluarnya tepung jagung yang berbentuk jel di dalam biji. Saat jel ini keluar akan melepaskan air dalam jeli tersebut karena temperatur yang tinggi. Hal ini menyebabkan tepung jagung ini tetap dapat mempertahankan bentuknya pada saat sudah dingin karena kering.

Penjelasan ini dapat dibuktikan ketika kita merusak biji jagungnya sehingga terbentuk lubang pada biji jagung tersebut. Bila kita rusak, biji jagung ini mengembang sedikit atau bahkan tidak mengembang karena tekanan uap air dalam biji jagung ini tidak sebesar dengan biji jagung yang kulitnya utuh karena banyak uap air yang keluar lewat celah tersebut.


Sumber: www.thenakedscientist.com
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp