sejarah skateboard


Skateboard pertama kali muncul pada era tahun 1950. pada mulanya skateboard dibuat dengan tangan menusia yaitu dengan menggunakan kayu yang digabungkan dengan ban serta truck dari sepatu roda. Pada saat itu juga namanya bukan skateboard melainkan sidewalk surfing.
Pada pertengahan tahun 1960an dua buah brand yaitu Hobie dan Makaha mulai memproduksi skateboard untuk dipasarkan, sehingga orang tidak perlu lagi membuat skateboard dengan tangan sendiri apabila ingin memainkan permainan ini.
Pada awal tahun 1970, Frank Nasworthy memulai karirnya dengan merancang sebuah skateboard dengan menggunakan bahan polyurethane yang lebih tenar dengan nama “Cadillac”. Namun kejayaan olah raga ini tidak bertahan lama, biaya yang sangat besar untuk membuat skate park menjadi sebuah masalah pada era tersebut, dan akhirnya pada awal tahun 1980 skateboard mulai tidak terdengar lagi.
Setelah menghilang dengan waktu yang cukup lama, pada pertengahan tahun 1980an skateboard mulai muncul kembali. Pada era ini perkembangan skateboard mulai berkembang pesat, dari yang tadinya skateboard hanya dimainkan dengan cara meluncur saja, kini skateboard sudah mulai dimainkan dengan sebuah trik seperti ollie yang pertama kali diciptakan oleh Alan Gelfan.
Kemudian mulai terciptalah trik-trik baru yang cukup ekstrim, seperti flatground ollie, the ollie kickflip, the heelflip dan 360 flip yang diciptakan oleh Rodney Mullen. Papan skate pun mulai menunjukan perubahannya kembali. Lebar papan kini mencapai 8 inci dengan panjang 30 sampai 32 inci dengan ban yang terbuat dari polyurethane. Salah satu pelopor pada era ini adalah Steve Caballero.
Selain bentuk papan, gaya para skaters pun terlihat lebih menarik dibandingkan dengan sebelumnya. Gaya berpakaian mereka secara tidak langsung juga terinspirasi oleh musik-musik yang biasa didengarkan para skaters, mulai dari black music hingga musik cadas. Celana jeans yang dipadukan dengan t-shirt menjadi salah satu pilihan wajib.

iamsneakers.blogspot.com
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp