Arkeolog Temukan Makam Pekerja Piramida

Arkeolog Mesir menemukan beberapa makam yang diyakini merupakan milik para pekerja yang membangun Piramida raksasa.

Temuan tersebut diklaim bisa mengungkapkan misteri bagaimana para pekerja tersebut bertahan hidup dan mencari makan sambil bekerja membangun piramida sekira 4.000 tahun lalu.

Kepala arkeolog Mesir Zahi Hawass menyebutkan, kuburan-kuburan tersebut juga mematahkan pendapat yang selama ini menyebutkan bahwa Piramida raksasa dibangun oleh sekumpulan budak.

"Makam ini ditemukan di samping piramida milik raja pada masa itu. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang ini bukan budak melainkan pekerja lepas," kata Hawass seperti dikutip dari MSNBC, Selasa (12/1/2010).

Hawass juga menemukan bukti lain berupa seni lukis yang dituangkan pada dinding. Dalam lukisan tersebut, para pekerja menyebut diri mereka sebagai teman-teman dari Khufu, yang merupakan salah satu raja Mesir kuno.

Berdasarkan berbagai catatan sejarah ribuan pria yang bekerja membangun piramida tersebut diketahui memakan daging secara teratur, bekerja dalam pembagian shift selama tiga bulan. Saat mereka meninggal, mereka diberikan penghormatan untuk dikubur dalam kuburan batu bata di sekitar Piramida tempat mereka bekerja.

Koleksi makam pekerja yang pernah ditemukan para arkeolog sebelumnya, pada sekira 1980 merupakan penemuan paling menakjubkan pada abad 20 dan 21. Makam itu diketahui milik pekerja yang membangun piramid Khufu dan Khafre.


okezone.com

0 komentar:

Post a Comment

Bangun website anda sekarang