CT Scan Dapat Mengakibatkan Kematian

Restia Juwita

Radiasi dari CT scan yang dilakukan pada 2007 akan menyebabkan 29.000 kanker dan membunuh sekitar 15.000 orang Amerika, kata para peneliti, seperti dilansir Reuters, Senin (14/12).

Temuan yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, menambah bukti yang semakin banyak bahwa orang Amerika terlalu sering terkena sinar radiasi dari tes diagnostik, terutama dari jenis khusus sinar-X yang disebut computed tomography, atau lebih dikenal dengan sebutan CT scan.

Menurut Dr. Rita Redberg, editor dari Archives of Internal Medicine, CT scan memberikan radiasi dan kanker dalam jumlah yang besar. Diperkirakan, hanya melalui CT scan yang dilakukan dalam setahun, yaitu pada 2007, mengakibatkan 15.000 orang mati. CT scan melibatkan dosis radiasi lebih tinggi daripada sinar-X konvensional. CT scan pada dada pasien memperlihatkan dosis radiasi lebih dari 100 kali daripada sinar-X di dada.

Sekitar 70 juta CT scan yang dilakukan pada 2007 di Amerika, menyebabkan 29.000 orang akan terkena kanker. Sepertiga dari kanker diproyeksikan akan terjadi pada orang berusia 35-54, dua per tiga akan terjadi pada wanita dan 15 persen akan muncul dari scanning yang dilakukan pada anak-anak dan remaja. (YUS)

www.Liputan6.com
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

adsensecamp